Lompat ke konten

Sales Mission Business to Business (B2B) dan memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kunjungan ke 2 Dinas Pariwisata Kalimantan Timur dalam rangka Sales Mission Business to Business (B2B) dan memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Dalam rangka memperkenalkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan meningkatkan kunjungan wisatawan, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Dispar Kaltim) kembali menggelar Sales Mission Business To Business (B2B) / Table Top Meeting yang diadakan di Hotel Horison Ultima Ratu Kota Serang, Banten pada Sabtu (19/10).

ASITA Banten hadir dan turut serta dalam acara ini bersama 37 buyers dari mitra pariwisata di Provinsi Banten. Dalam kegiatan TableTop ini Ketua ASITA Banten Dr Titus Indrajaya, MM menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan kunjungannya di Banten. Dr. Titus juga mengajak Dinas Pariwisata provinsi lain untuk berkunjung ke Banten karena Banten memiliki potensi pasar yang besar dan keberagaman destinasi wisata yang menarik, bahkan pada saat baru tiba di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang sampai ke berbagai destinasi wisata di 8 Kota Kabupaten.

Restiawan Baihaqi, S.T., Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim, menjelaskan bahwa ini merupakan tahun kedua kegiatan Table Top Meeting diadakan di Banten.
“Melalui Table Top ini, kami harapkan kemitraan dan hubungan bisnis antara pelaku industri pariwisata Kaltim dengan Banten semakin meningkat sehingga menguntungkan kedua belah pihak,” ujar Restiawan.

Kegiatan ini juga melibatkan 10 sellers dari Kalimantan Timur, yang terdiri dari berbagai pelaku industri pariwisata seperti hotel, agen perjalanan, dan penyedia jasa wisata lainnya. Mereka memperkenalkan paket wisata unggulan dan destinasi menarik di Kalimantan Timur kepada para buyers dari Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si., dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan tersebut, menambahkan bahwa Kalimantan Timur kini menjadi salah satu tujuan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions). “Provinsi Kaltim menjadi salah satu tujuan MICE, dan di tahun 2024 kami memiliki beberapa agenda besar menjadi potensi bagi agen travel Banten untuk berkolaborasi dengan pelaku travel Kaltim, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Timur,” ungkap Ririn.
Kegiatan Table Top Meeting ini tidak hanya memperkenalkan keindahan dan potensi wisata Kalimantan Timur kepada pasar di Provinsi Banten tetapi juga menjadi platform strategis untuk membangun jaringan dan mempererat hubungan bisnis antara pelaku usaha pariwisata dari kedua daerah, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Turut hadir Kadispar Provinsi Banten Drs. M. Agus Setiawan AW, M.Si dan Ketua PHRI Banten Ashok Kumar yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan berharap sinergi yang terbentuk dapat membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Kalimantan Timur.

id_IDIndonesian